Komunitas Mandarin
(中文社区)

Temukan jawaban yang kamu cari, diskusi, dan perluas pertemananmu disini

Home Forum Travelling 旅游 Keindahan Sūzhōu dan Hángzhōu (苏杭之美)

Menggunakan tag: , , , , ,

  • Keindahan Sūzhōu dan Hángzhōu (苏杭之美)

     Renaldy Laoshi telah menulis komentar baru pada 7 bulan, 2 minggu yang lalu 1 Member · 2 Balasan
  • Renaldy Laoshi

    Member
    Juli 23, 2020 pada 5:52 pm

    Halo teman-teman tahukah kalian bahwa di China ada beberapa kota yang hingga saat ini masih mempertahankan kebudayaan dan bangunan-bangunan kuno nya. Kali ini kita akan membahas mengenai kota di China yaitu Sūzhōu dan Hángzhōu. Sūzhōu merupakan salah satu dari Kota Tua yang ada di China atau disebut dengan 中国古老城市 Zhōngguó gǔlǎo chéngshì. Dan Hángzhōu merupakan salah satu dari enam ibu kota kuno di China yang disebut中国六大古都之一 Zhōngguó liù dà gǔdū zhī yī. Nah keindahan Sūzhōu dan Hángzhōu sudah menjadi rahasia umum di kalangan masyarakat sehingga ada sebutan 上有天堂,下有苏杭 Shàng yǒu tiāntáng, xià yǒu sū háng yang artinya di atas ada surga, di bawah ada Sūzhōu dan Hángzhōu. Yuk langsung saja sekarang kita bahas tentang keindahan kota Suzhou dan Hangzhou yang sudah tidak diragukan lagi.

    苏州市市长谈与上海关系:“大树底下种好碧螺春”|碧螺春|大树|苏州_新浪新闻

    (Suzhou kota modern)

    上海人看苏州:每户上海人家,都少不了苏州亲眷

    (Suzhou yang masih mempertahankan kebudayaan kuno)

    Pertama-tama kita akan bahas mengenai Sūzhōu terlebih dahulu. Kota Sūzhōu telah tercatat sebagai kota yang memiliki sejarah kurang lebih 4000 tahun. Berdiri pada tahun 514 sebelum masehi, dimana saat itu China masih belum bersatu di bawah Dinasti Qin. Kota Sūzhōu didirikan oleh Kaisar 闔廬 Hélú dan hingga kini terkenal dengan sejarah dan kebudayaannya,sehingga memiliki julukan 人间天堂 Rénjiān tiāntáng yang artinya merupakan surga di dunia. Selain itu, Kota Sūzhōu juga terkenal dengan jembatan kuno dan taman-tamannya yang indah. Nah berikutnya kita akan mengulik beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi di Sūzhōu.

    Yang pertama adalah Tiger Hill atau 虎丘 Hǔ qiū. Tiger Hill atau 虎丘 Hǔ qiū merupakan sebuah bukit yang konon di tempat ini juga merupakan tempat dimakamkannya pendiri kota Sūzhōu yaitu Kaisar Hélú. Ada beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi di area Tiger Hill ini, namun yang paling terkenal adalah dua objek utama. Objek yang pertama adalah Pagoda Yunyan atau nama mandarinnya adalah 云岩塔 Yún yán tǎ dan pagoda ini juga memiliki nama lain yaitu menara Huqiu. Menara Huqiu ini di juluki ‘Menara Miring Sūzhōu’ karena memiliki kemiringan tiga derajat yang disebabkan karena amblasnya pondasi seiring dengan berlalunya waktu. Pagoda yang berdiri pada Dinasti Song tahun 961 Masehi ini memiliki keunikan lain, yaitu bahan dasar pembuatannya yang menggunakan batu, karena pagoda pada umumnya menggunakan kayu sebagai bahan utama bangunannya.

    Tiger Hill - Suzhou Attractions: Sightseeing Suzhou China -

    (Pagoda Huqiu)

    虎丘试剑石图片大全,虎丘试剑石设计素材,虎丘试剑石模板下载,虎丘试剑 ...

    (Kolam pedang)

    Tempat yang kedua yaitu kolam pedang atau 剑池 Jiàn chí, disebut demikian karena yang pertama kolam nya berbentuk seperti pedang, yang kedua yaitu karena kolam ini dipercaya sebagai lokasi di kuburnya Kaisar Helu berikut pusaka sang kaisar yang berupa 3000 pedang. Ada kisah lain yang menceritakan bahwa dahulu Kaisar Qin dan Sun Quan pernah datang kesini untuk menggali pedang tersebut, sehingga terbentuklah kolam ini. Namun menurut fakta kolam ini terbentuk secara alami.

    Humble Administrators Garden | Travel to Suzhou

    (Taman Zhuozheng)

    Selain itu, Sūzhōu pun juga dikenal karena taman-taman nya yang indah. Sampai saat ini ada sembilan taman yang diakui sebagai warisan kebudayaan dunia oleh UNESCO, namun dari semua taman ini yang paling terkenal adalah 拙政园 Zhuō zhèng yuán atau yang sering disebut dengan Humble Administrator’s Garden. Taman ini sangat terkenal karena keindahan pemandangan nya dan tata letak nya yang sangat rapi. Taman ini memiliki sejarah panjang dan terus berganti kepemilikan setelah dibangun pertama kali pada dinasti 宋 Sòng. Pada dinasti 唐 Táng taman ini menjadi tempat tinggal seorang terpelajar bernama Lùguīméng陆龟蒙, dan pada akhir dinasti Yuan berubah menjadi taman sebuah kuil yaitu Kuil Da Hong. Hingga pada dinasti Ming pembangunan taman ini dilakukan kembali oleh 王献臣 Wángxiànchén setelah sebelumnya terjadi pembakaran pada kuil Dahong. Nah nama Humble Administrator’s Garden dipakai karena Wángxiànchén setelah pensiun dari jabatan kerajaan melewati hidup berkebun dengan penuh kesedehanaan di taman tersebut. Hingga akhirnya pada tahun 1949 Taman ini secara resmi dibuka oleh pemerintah untuk tempat wisata umum. Di taman ini terdapat kaligrafi, bangunan, serta pemandangan China klasik yang sangat indah. Nah teman-teman bisa langsung kesana untuk melihat pemandangannnya yang indah yah.

    Shantang Street (Suzhou), Seven-mile Shantang: highlights, Maps ...

    (Jalan Shantang)

    Berikutnya, tempat lainnya yang wajib kita kunjungi saat bermain ke Sūzhōu adalah sebuah jalan yang bernama Shāntang, jalan ini di prakarsai oleh seorang penyair ternama pada dinasti Táng yaitu 白居易 Báijūyì. Awalnya dibuat untuk menghubungkan Huqiu dengan pusat kota. Nah seiring dengan berjalannya waktu Jalan Shantang menjadi jalan paling makmur pada masa pemerintahan Dinasti Ming dan Qing, karena dengan adanya jalan ini, perdagangan dan bisnis menjadi sangat maju. Sepanjang jalan ini teman-teman bisa menikmati keindahan bangunan kuno, mencicipi makanan khas, membeli oleh-oleh, dan lain-lain. Menarik kan teman-teman?

    Oke teman-teman sampai disini dulu pembahasan kita mengenai Kota Sūzhōu, mingu depan kita akan membahas kota Hángzhōu yang juga tak kalah menariknya. Sebagai bocoran tahukah kalian mengenai kisah cinta Romeo and Juliet versi China yaitu 梁山伯 Liángshān bó dan 祝英台 Zhù yīng tái ? Nah kisah mereka ada hubungannya dengan salah satu tempat wisata di Hángzhōu yang akan kita bahas di minggu depan, sampai jumpa di minggu depan. Xiexie Dajia, Zaijian.

    姑苏繁华图》,又称《盛世滋生图》,是清代画家徐扬所绘反映苏州城繁华 ...

    (Kota Suzhou dalam lukisan kuno)

    Sebagai penutup berikut ini adalah puisi karya sastrawan dinasti Tang yang ditulis saat ia memperkenalkan kota Sūzhōu kepada temannya. Berikut adalah puisi nya.

    送人游吴

    Sòng rén yóu wú

    Mengantar teman ke kota Wu

    《唐 – 杜荀鹤》

    《Táng – Dù Xúnhè》

    君到姑苏见,人家尽枕河。

    Jūn dào gū sū jiàn, rénjiā jǐn zhěn hé.

    Saat kamu datang ke Sūzhōu akan menyaksikan banyak warga yang membangun rumah di sekitar sungai.

    古宫闲地少,水港小桥多。

    Gǔ gōng xián dì shǎo, shuǐ gǎng xiǎo qiáo duō.

    Sangat padat sekali penduduknya, dipenuhi dengan jembatan-jembatan kayu kecil

    夜市卖菱藕,春船载绮罗。

    Yèshì mài líng ǒu, chūn chuán zài qǐ luō.

    Pada malam hari terdapat pasar yang ramai, di perahu tergantung pakaian dan mainan anak-anak.

    遥知未眠月,乡思在渔歌。

    Yáo zhī wèi mián yuè, xiāngsī zài yúgē.

    Saya tahu bahwa di kejauhan dan di bawah rembulan kamu masih belum terlelap dan menitipkan kerinduan untuk saya dalam lagu nelayan.


    Jika kamu tertarik untuk membaca atau mendengar topik seperti ini kamu bisa kunjungi forum komunitas Mandarin kami, untuk link nya ada di bio instagram Beijing Standard yah. 谢谢大家 Xièxie Dàjiā ! 再见 Zàijiàn!

  • Renaldy Laoshi

    Member
    Juli 23, 2020 pada 5:59 pm

    Halo teman-teman, sesuai dengan janji laoshi minggu lalu, kali ini kita akan membahas mengenai kota Hangzhou yang juga tak kalah seru nya dengan Suzhou. Nah sudah menjadi kebiasaan bahwa jika kita membicarakan Suzhou tak lengkap rasanya jika kita tidak membicarakan mengenai Hangzhou. Jika kita pergi wisata ke Suzhou biasanya juga sudah termasuk paket untuk jalan-jalan ke Hangzhou karena jarak dua kota ini yang tidak begitu jauh, kurang lebih sekitar 210 Km. Suzhou dan Hangzhou terletak di satu daerah di China yang dinamakan 江南 Jiāngnán, 江南 Jiāngnán sendiri meliputi lima provinsi dan satu kota yaitu 上海 Shànghǎi、江苏 Jiāngsū、浙江 Zhèjiāng、安徽 Ānhuī、江西 Jiāngxī、湖北 Húběi、dan 湖南 Húnán. Nah Suzhou berada di Provinsi Jiangsu dan Hangzhou merupakan ibu kota provinsi Zhejiang. Suzhou dan Hangzhou keduanya sangat terkenal dengan kota klasik yang ada di Jiangnan sehingga selalu dibicarakan bersamaan.

    Hangzhou sendiri termasuk ke dalam enam ibu kota kuno di China. Keindahan dari Hangzhou sudah terkenal selama ratusan tahun lamanya. Sehingga banyak sastrawan yang terinsiprasi dari keindahan kota Hangzhou. Nah kota ini menjadi semakin terkenal karena merupakan kampung halaman Jack Ma yang merupakan founder dari Alibaba. Tidak hanya itu, Kota Hangzhou juga akan menjadi tuan rumah Asian Games di China pada tahun 2022. Disamping itu meskipun Hangzhou telah banyak berubah, namun masih tetap mempertahankan warisan sejarah dan kebudayaannya. Berikut ini merupakan tempat-tempat indah yang wajib dikunjungi teman-teman saat pergi ke kota Hangzhou.

    杭州一日游_赠送西湖游船、花港观鱼、宋城、黄龙洞_启程国旅

    (Danau Xihu)

    Yang pertama adalah danau Xihu yang menjadi icon utama dari kota Hangzhou dan juga merupakan warisan budaya UNESCO. Danau Xihu merupakan danau buatan berumur 1000 tahun lebih dan memiliki luas 5,6 km2. Tidak hanya itu di Danau Xihu ini ada lebih dari seratus tempat yang bisa kita kunjungi untuk menikmati keindahan alamnya. Nah kita akan bahas beberapa diantaranya. Yang pertama adalah jembatan putus (断桥 Duàn qiáo) sering juga disebut dengan 断桥残雪 Duàn qiáo cánxuě. Di jembatan ini orang-orang datang untuk melihat keindahannya terutama pada saat musim salju. Disebut jembatan putus karena saat musim dingin, salju menutupi seluruh jembatan dan secara perlahan sinar matahari yang hangat menyinari bagian tengah-tengah jembatan yang kemudian akhirnya membuat salju di area tengah jembatan meleleh duluan dibandingkan kedua sisi lengkung jembatan, sehingga dari kejauhan terlihat seperti jembatan yang putus. Oh iya, tahukah teman-teman mengenai kisah cinta siluman ular putih dan Xuxian? Buat anak 90an pasti masih ingat dengan sinetron legendaris ini. Nah konon katanya mereka bertemu pertama kali di jembatan ini loh, karena itu dalam kisah percintaan Siluman Ular Putih, disebut dengan 断桥相会 Duàn qiáo xiāng huì yang artinya ‘Saling bertemu di jembatan putus’.

    西湖断桥风景图(第1页) - 要无忧健康图库

    (Jembatan putus)

    有情人断桥相会, 致敬许仙和白素贞相遇经典画面

    (Ilustrasi pertemuan Xuxian dengan siluman ular putih)

    Yang kedua adalah pagoda Leifeng atau mandarinnya adalah 雷峰塔 Léi fēng tǎ, pagoda ini menjadi icon yang menarik saat dikunjungi pada senja hari, karena kita bisa melihat matahari terbenam yang indah. Menyambung dengan cerita Siluman Ular Putih tadi, pagoda ini merupakan tempat dimana siluman ular putih dikurung.

    1924年雷锋塔倒的原因曝光,后发现惊世宝藏,震惊世界_手机网易网

    (Pagoda Leifeng)

    Yang ketiga adalah Jembatan Panjang atau 长桥 Chǎng qiáo, sama seperti jembatan putus, jembatan inipun dikenal dengan 情人桥 Qíngrén qiáo atau jembatan percintaan. Sebetulnya jembatan ini tidaklah panjang, namun mengapa bisa disebut jembatan panjang? Nah ini ada kaitannya dengan kisah romeo and Juliet versi China yaitu 梁山伯 Liángshān bó dan 祝英台 Zhù yīng tái, disebut jembatan panjang karena mereka berdua berpisah di jembatan ini, masing-masing saling tidak merelakan sehingga jembatan ini terasa sangat panjang, karena itu hingga kini disebut dengan jembatan panjang.

    长桥公园| YuHui Dong | Flickr

    (Jembatan panjang)

    Yang ketiga adalah Jembatan Panjang atau 长桥 Chǎng qiáo, sama seperti jembatan putus, jembatan inipun dikenal dengan 情人桥 Qíngrén qiáo atau jembatan percintaan. Sebetulnya jembatan ini tidaklah panjang, namun mengapa bisa disebut jembatan panjang? Nah ini ada kaitannya dengan kisah romeo and Juliet versi China yaitu 梁山伯 Liángshān bó dan 祝英台 Zhù yīng tái, disebut jembatan panjang karena mereka berdua berpisah di jembatan ini, masing-masing saling tidak merelakan sehingga jembatan ini terasa sangat panjang, karena itu hingga kini disebut dengan jembatan panjang.

    Selanjutnya tempat menarik untuk dikunjungi di Hangzhou adalah desa Meijiawu 梅家坞 Méi jiā wù. Desa ini merupakan pusat perkebunan daun teh 龙井 Lóngjǐng atau dalam Bahasa Mandarin disebut dengan 龙井茶 Lóngjǐng chá. Dan hal ini membuat Hangzhou menjadi pusat penghasil teh Longjing di China. Disini teman-teman bisa menikmati keindahan alam perkebunan teh, memetik daun teh sendiri, Dan bisa juga belajar seni membuat teh. Seru kan teman-teman?

    十里梅坞之称的世外桃源,梅家坞

    (Kebun teh Longjing)

    Yang terakhir teman-teman bisa mengunjungi jalan kuno di Hangzhou yaitu 清河坊 Qīnghé fāng. Disepanjang jalan ini teman-teman bisa menikmati bangunan kuno klasik dinasti Ming dan Qing. Dan di jalan ini juga banyak toko-toko kuno yang tak tergerus oleh jaman. Teman-teman bisa membeli makanan khas Hangzhou di sepanjang jalan ini loh. Jadi tempat ini wajib banget dikunjungi kalau kalian mau merasakan kuliner khas Hangzhou yah.清河坊历史文化特色街(国家4A级)_清河坊历史文化特色街(国家4A级)门票 ...

    (Jalan Kuno Qinghe fang)

    Oke teman-teman, sampai disini dulu pembahasan kita mengenai Suzhou dan Hangzhou, semoga dapat menambah pengetahuan teman-teman.

    Tidak kalah Suzhou, penyair jaman dahulu pun terpesona akan keindahan kota Hangzhou, berikut ini ada puisi karya Báijūyì pada dinasti Tang. Mari kita dengarkan puisinya.

    钱塘湖春行

    Qiántáng hú chūn xíng

    Danau Xihu Hangzhou

    《唐 。白居易》

    Táng. Báijūyì

    孤山寺北贾亭西,水面初平云脚低。

    Gū shānsì běi jiǎ tíng xī, shuǐmiàn chū píng yún jiǎo dī.

    Dari utara Kuil Gushan ke barat Jiating, mata air danau rata dengan tanggul, dan awan putih terkulai indah, membentuk sebuah pemandangan bersatu dengan danau.

    几处早莺争暖树,谁家新燕啄春泥。

    Jǐ chù zǎo yīng zhēng nuǎn shù, shéi jiā xīn yàn zhuó chūnní.

    Beberapa burung kepodang bergegas menuju ke pohon, dan burung walet yang baru tiba sibuk membangun sarang mereka.

    乱花渐欲迷人眼,浅草才能没马蹄。

    Luàn huā jiàn yù mírén yǎn, qiǎncǎo cáinéng mò mǎtí.

    Bunga-bunga musim semi yang berangsur-angsur mekar membuat orang terpana, dan rumput musim semi yang pendek tumbuh baru mencapai kuku kaki kuda.

    最爱湖东行不足,绿杨阴里白沙堤。

    Zuì ài hú dōng xíng bùzú, lǜ yáng yīn lǐ báishā dī.

    Saya paling menyukai sisi timur dari danau Xihu, terutama pasir putih di bawah naungan pohon dedalu yang hijau.

    Jika kamu tertarik untuk membaca atau mendengar topik seperti ini kamu bisa kunjungi forum komunitas Mandarin kami, untuk link nya ada di bio instagram Beijing Standard yah. 谢谢大家 Xièxie Dàjiā ! 再见 Zàijiàn!

Silakan login untuk menulis komentar.

Postingan terlama
0 dari 0 Balasan June 2018
Terbaru